Analogi Hukum-Hukum Newton Tentang Perilaku Belajar Peserta Didik

Karya tulis ini berhasil mengantarkan santri MA Al-Ittifaqiah Indralaya masuk 8 besar LKTI tingkat MA/SMA sederajat se-Sumatera sekaligus satu-satunya pesantren yang dapat menyamai SMAN Unggulan se-Sumatera. LKTI ini sendiri digelar oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fisika UNSRI (Oktober 2013).

 

Abstrak

Peran analogi sebagai salah satu strategi pengajaran sains dalam menunjang proses belajar mengajar di sekolah sangat besar. Strategi ini dapat digunakan sebagai suatu metode alternatif untuk memecahkan permasalahan komunikasi belajar antara guru dan peserta didik, khususnya bila Peserta didik menghadapi kesulitan belajar dalam hal memahami materi ajar baru namun memiliki kemiripan alur berpikir dengan materi ajar sebelumnya.

Pengayaan materi ajar tidak saja dapat dilakukan melalui latihan soal berulang dan berjenjang, melainkan juga dapat dengan memperkenalkan paradigma baru agar diperoleh spektrum pemahaman materi ajar yang lebih luas dan komprehensif.

Pemahaman konsep Hukum-Hukum Newton dapat dianalogikan pada prilaku belajar siswa. Kecendrungan untuk belajar dan bersosialisasi pada diri siswa , keinginan setiap peserta didik untuk meningkatkan prestasi belajar, dan tantangan yang akan dihadapi oleh peserta didik dalam melakukan perubahan itu merupakan buah dari pemahaman yang benar terhadap konsep dari Hukum Newton.

 

KLIK UNTUK MELIHAT KARYA TULIS LEBIH LENGKAP

3 Responses

  1. KARENA CINTA ALLAH | PP AL-ITTIFAQIAHSeptember 2, 2015 at 11:21 pm

    […] 1. Analogi Hukum-Hukum Newton Tentang Perilaku Belajar Peserta Didik […]

  2. KEBANGGAAN MENJADI MAHASISWA FKIK | PP AL-ITTIFAQIAHSeptember 3, 2015 at 12:14 am

    […] 1. Analogi Hukum-Hukum Newton Tentang Perilaku Belajar Peserta Didik […]

  3. RENCANA STRATEGIS MERAIH CITA-CITA PASCA SMA “KESUKSESAN BUKAN BIMSALABIM” | PP AL-ITTIFAQIAHSeptember 3, 2015 at 12:27 am

    […] 1. Analogi Hukum-Hukum Newton Tentang Perilaku Belajar Peserta Didik […]

Tinggalkan Balasan