Goresan Tinta Lemka untuk Haflah

Posted by:

ittifaqiah.ac.id_Indralaya; Agenda puncak tahunan Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya yakni haflah dan wisuda yang akan digelar tanggal 15 Juni mendatang disambut dengan berbagai persiapan oleh semua elemen di Ittifaqiah.

Salah satunya adalah Lembaga Kaligrafi (Lemka) yang dipimpin oleh ustad. Alhadi Arka, S.Pd.I. Melalui anggotanya, terus melakukan pembenahan tak terkecuali dengan pengecatan ulang pintu gerbang kampus pusat.

“Kalau tidak salah, kita cat gerbang ini tahun 2012. Karena warnanya sudah sedikit kusam dan mengambil momentum haflah/tahun emas, bersama rekan-rekan anggota Lemka, kita sepakat untuk mengecat ulang salah satu ikon PPI ini”.

“Semua pengerjaan dilakukan oleh santri, kita hanya memantau. Biarkan saja mereka berkreatifitas melalui inovasi corak dan warna”, tambah ustad. Adet.

Selain mengecatan gerbang yang didominasi warna emas ini, Lemka juga melakukan perubahan besar pada dekorasi masjid dan taman-taman di kampus D Tanjung Lubuk.

Sebagaimana diketahui, Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah memiliki beberapa lembaga, bagian, biro dan bidang. Di lembaga sendiri terdapat Lembaga Tahfidz dan Tilawah Al-Quran (Lemtatiqi) yang mengupas habis Al-Quran dan cabang ilmu dibawahnya. Prestasi tertinggi yaitu mengorbitkan qori/qoriah tingkat internasional dan ratusan hafidz/hafidzoh.

Selanjutnya adalah Lembaga Bahasa (Lebah) Arab dan lnggris, kedua lembaga ini terkesan selalu berkompetisi. Maklum saja, satu menghadap barat dan satunya lagi ke timur. Tetapi lembaga ini sama-sama bertanggungjawab atas penggunaan bahasa sehari-hari santri dan program mereka adalah program mahkota di ma’had.

Ada juga yang namanya Lesgatram atau Lembaga Seni, Olahraga dan Keterampilan. Lembaga yang berhasil membawa utusan PPI meraih medali emas di Pospenas Banten 2016 ini menitikberatkan programnya pada kesenian, penguasaan bidang olahraga dan keterampilan santri. Ciri khas lembaga ini, tiap tahunnya selalu mengadakan Porseni yang ditunggu-tunggu semua santri.

PPI juga terdapat lembaga yang khusus melayani permintaan masyarakat dan ilmu alat. Lembaga yang dimaksud adalah lembaga dakwah dan pelayanan pada masyarakat (Ledappmas). Program utama mereka adalah mencetak generasi yang menguasai ilmu-ilmu kemasyarakatan dan menjali kerjasama bersama masyarakat luas.