LAGI: Ustad PPI raih prestasi

H. Agus Jaya Lc, M.Hum keluar sebagai juara pertama Musabaqah Baca Kitab tingkat Provinsi Sumsel di Hotel Azza, Palembang, 15-17 April 2014. Dengan demikian, Penghulu KUA Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir itu, berhak mewakili Sumsel pada ajang yang sama di tingkat nasional bulan Agustus mendatang.

Dalam ajang tahunan yang diikuti 40 Kepala KUA dan Penghulu dari 15 kabupaten/kota se-Sumsel tersebut, Agus memastikan gelar juara setelah mengumpulkan total nilai 465. Dia mengungguli H. Sudarmono Lc dari KUA Jejawi kabupaten OKI dengan nilai 452 di posisi kedua dan H. Arif Padilah S.Ag dari KUA Bayung Lincir kabupaten Musi Banyuasin dengan nilai 443 di posisi ketiga.

Adapun juara harapan pertama jatuh kepada penghulu Kecamatan SP. Padang kabupaten OKI, H. Acep Amirudin Lc dengan nilai 412. Diikuti Andi Subianto S.Hi dari Kecamatan Babat Toman Kabupaten Muba dengan nilai 398 sebagai juara harapan II dan H. Tajidin Hamzah Lc dari KUA Lintang Kanan kabupaten Empat Lawang dengannilai 384 sebagai juara harapan III.

56152Para pemenang berhak mendapatkan piagam dan piala yang diserahkan oleh Kepala Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Drs. H. Yeri Taswin, M.Pd.I. Khusus untuk juara pertama hingga ketiga, juga mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp. 4 juta, Rp. 3 juta, dan Rp. 2 juta. “Uang pembinaan akan langsung ditransfer ke rekening para pemenang. Khusus untuk juara pertama, saya akan usulkan agar bisa mendapat reward berangkat haji sebagai petugas kloter,” jelas Yeri saat memberi pengarahan pada acara penutupan tadi pagi.

Yeri berharap, juara tingkat provinsi ini dapat mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin untuk menghadapi even nasional di Jakarta, Agustus mendatang. Sehingga dapat meraih prestasi dan mengharumkan nama baik Sumsel.

“Selama ini kita memang belum berhasil meraih juara di level nasional. Mudah-mudahan dengan persiapan yang lebih baik dan pengalaman-pengalaman yang didapat tahun-tahun sebelumnya, tahun ini kita bisa menorehkan prestasi gemilang,” harap Yeri.

Sementara itu, Kasi Kepenghuluan Bidang Urais dan Binsyar Drs. H. Ridhuan, M.Si menjelaskan, dalam lomba yang digelar selama tiga hari ini, ada dua kitab yang dilombakan yaitu Kifayatul Akhyar dan Fathul Mu’in. Untuk para penguji, panitia mendatangkan Prof. Dr. Cholidi Zainudin MA dan Dr. Muhajirin MA dari IAIN Raden Fatah Palembang, H. Tarmizi Lc, M.Ed dari profesional, dan Drs. H. Yeri Taswin, M.Pd.I.

“Adapun untuk penilaian, ada tiga kriteria yaitu Kefasihan Membaca (Fashiha al Qiraat), Pemahaman Makna (Fahm al Maani), dan Kebenaran dalam Membaca (Shahih al Qiraat),” jelas Ridhuan. (qudus)

Selain itu, ustad yang ramah ini juga dinobatkan sebagai juara II seleksi karya tulis ilmiah di Hotel Grand Duta, Palembang, Kamis (8/5).

Sumber: http://sumsel.kemenag.go.id

%d blogger menyukai ini: