MASTASA BERBEDA DENGAN MOS SEKOLAH UMUM

ittifaqiah.ac.id_Indralaya; Sorak ramai yel-yel santri baru menghiasi pembukaan Masa Ta’aruf Santri Baru pondok pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya (PPI) tahun ajaran 2016-2017 (20/07).

Sebelum dibuka secara resmi oleh ketua Yayasan Islam Al-Ittifaqiah Drs. H. Syamsul bahri HAR, mudir PPI mengucapkam selamat datang kepada santri-santri yang baru.

“Selamat datang ananda santri baru di kampus pusat Ittifaqiah. Ini adalah rumah baru kalian, kakak tingkat adalah saudara kalian dan para SDM adalah orang tua kalian. Untuk itu jangan merasa asing di Ittifaqiah, buang jauh-jauh rasa resah dan gelisah karena ma’had adalah medan mujahadah yang hanya orang-orang yang ikhlaslah keluar sebagai pemenangnya”, ungkapnya.

Dalam laporannya, ustad. Nanang Setiawan, S.Pd. menyebutkan bahwa tujuan dari Mastasa bukanlah hanya sekedar perkenalan tetapi ajang mencari potensi santri.

“Mastasa bukan seperti MOS di luar yang hanya akan menimbulkan hura-hura dan peloncoan, tetapi Mastasa di PPI adalah agenda sakral dimana semua lembaga, biro, bidang dan madrasah terlibat didalamnya. Semua lembaga tadi bertugas untuk mencari potensi apa yang dapat dikembang dalam tiap diri santri baik melalui berbagai macam perlombaan dan keterampilan sehingga ke depan mereka akan dibina khusus oleh masing-masing lembaga seperti lembaga bahasa arab/inggris, lembaga kaligrafi, lembaga tahfidz, lembaga seni dan keterampilan dan lain-lain. Bukan seperti MOS sekolah umum, saya jamin tidak akan ada sedikitpun peloncoan dalam Mastasa”.

Masih dari ustad Nanang, dihari pembukaan ini juga digelar penobatan pemimpin putra dan putri (sayydi/sayyidah). Sayyid terpilih jatuh pada Patrani Umar bin Alpian asal daerah Muara Dua Kisam OKUS sedangkan sayyidah oleh Rara Lorenza binti Mulyadi asal Perumnas Nikan Kota Lubuk Linggau.

Download Jadwal Acara Mastasa 2016-2017.pdf

Download Materi Mastasa 2016-2017.pdf

.

%d blogger menyukai ini: