Peserta PKM sempat kaget dipanggil Ummi

Indralaya, kampus C; Sebanyak 40 mahasiswa Strata Satu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Universitas Terbuka hari ini (21/4) mengadakan Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) di TK Islam Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya. Agenda yang menjadi salah satu syarat kelulusan ini akan berlangsung selama 2 hari yang dimulai digelar hari ini dan Rabu mendatang.

“Alhamdulillah, kalau di kampus pusat tepatnya 2 minggu lalu, dipercaya sebagai tempat PKL siswa-siswa Akbid Assanadiyah Palembang. Kali ini giliran TK Islam yang direkomendasikan oleh Diknas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan sebagai tempat ujian Pemantapan Kemampuan Mengajar calon-calon tenaga pendidik PAUD se-Sumsel”, ungkap kepala TK Islam PPI Ustadzah. Fadilah, S.Pd.I.

“Kita patut merasa bersyukur, dengan adanya kegiatan seperti ini secara tidak langsung dapat menjadi barometer tingkat kepercayaan masyarakat terhadap PPI. Selain itu dapat juga dijadikan ajang pemuktahiran metode mengajar bagi guru-guru kita sekaligus menambah pengalaman bagi peserta. Contohnya tadi ada yang sempat kaget ketika baru masuk kelas dan langsung disapa ummi oleh anak-anak”, tambahnya.

Koordinator lapangan ujian PKM wilayah kabupaten Ogan Ilir Enny Sri Hartini yang juga sebagai staf UPBJJ UT Palembang didampingi oleh Dewi Yanuar Kasi Dikmaskes Diknas Pendidikan Ogan Ilir selaku monitor ujian PKM, menuturkan bahwa ujian PKM S1 PAUD ini dilaksanakan serentak se-Sumsel.

“Kita mendistribusikan semua mahasiswa semester 5 ini untuk mengikuti ujian PKM di beberapa kabupaten. Untuk TK Islam PPI sendiri sengaja kami turunkan 40 mahasiswa, jumlah ini terbanyak jika dibandingkan dengan TK yang lain se-Ogan Ilir. Hal ini dikarenakan peserta harus berbanding lurus dengan jumlah kelas dan siswanya, kalau TK yang lain hanya memiliki 3-5 kelas tetapi Al-Ittifaqiah memiliki 8 kelas dan masing-masing kelas kita tempatkan 5 peserta ujian”, tutur Ibu Enny yang tidak mau membeberkan gelarnya ini.

No Responses

Tinggalkan Balasan