SANTRI TETAP KHUSU’ WALAU BERSELIMUT ASAP TEBAL

ittifaqiah.ac.id_Indralaya; Ribuan santri pondok pesantren al-ittifaqiah indralaya hari ini (24/9) melaksanakan shalat Idul Adha 1436 H di halaman depan kampus pusat Indralaya.

Walaupun diselimuti oleh kabut asap yang cukup pesat, pelaksanaan shalat Id yang dihadiri oleh para sesepuh kyai sekaligus  keluarga besar pondok pesantren Al-Ittifaqiah, tamu undangan calon wakil bupati bapak Muchendi dan tokoh masyarakat setempat berlangsung dengan khusu’.

Bertindak selaku imam adalah ustad. Royani Alhafidz dan dilanjutkan dengan pembacaan khotbah Id oleh ustad. Fuad Amri Al-Hafidz.

Dalam khotbahnya, salah satu imam besar di masjid At-Thoriq ini mengajak kepada semua jamaah shalat Id agar senantiasa meningkatkan hubungan yang baik pada Allah dan sesama umat.

“Begitu banyak hikmah yang terkandung dalam peristiwa sejarah nabi Ibrahim as dan Nabi Ismail as, secara rohania mengajak kita untuk mencintai Allah swt melebihi kecintaan pada yang lain seperti harta, keluarga, jabatan, bahkan anak sekalipun. Sedangkan secara sosial, mengajak kita untuk peduli dan peka akan keadaan serta situasi bermasyarakat. Jangan sampai kita tidak peduli akan kelemahan dan penderitaan sesama saudara”.

Sebelum melaksanakan penyembelihan hewan qurban, shalat yang dimulai tepat pada pukul 07.00 dan berakhir pada pukul 08.00 ini dilanjutkan dengan penyerahan hewan qurban secara simbolis dari keluarga besar bapak Muchendi Ishak Mekki kepada panitia Idul Adha, dilanjutkan dengan ramah tama wali santri yang hadir dan pemotongan beberapa hewan qurban.

Ketua panitia ustad. Zaimuddin, M.S.I. menjelaskan bahwa terjadi penurunan jumlah hewan qurban tahun ini dari tahun kemaren.

“Walaupun hewan qurban tahun ini hanya terdapat 5 ekor sapid an 8 ekor kambing, angka ini sedikit menurun dari tahun kemaren, Insyaallah keberkahanannya tetap dirasakan oleh semua santri dan SDM pondok. Kita sudah membagi hewan qurban untuk kampus D sebanyak 2 ekor sapid an 2 ekor kambing, sisanya akan kita potong untuk konsumsi santri di kampus A”, ujar kepala madrasah Tahfidz Lil Athfal ini.

“kegiatan yang sama juga digelar di kampus D Tanjung Lubuk dan sampai hari tasrik yang ketiga hari Sabtu nanti, kita panitia masih siap menerima dan menyalurkan bagi masyarakat yang mau berqurban di Ittifaqiah”, tambahnya lagi.

%d blogger menyukai ini: