STITQI SUKSES MEWISUDA 81 MAHASISWA PAI

ittifaqiah.ac.id_Indralaya, Rabu (30/04) – Bertempat di halaman kampus A Pondok Pesantren al-Ittifaqiah (PPI) Indralaya, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah al-Quran al-Ittifaqiah (STITQI) melaksanakan prosesi wisuda sarjana tahun 2016. Wisuda sarjana angkatan X ini diikuti oleh 81 wisudawan dan dihadiri oleh para undangan dari berbagai elemen masyarakat Ogan Ilir dan Sumatera Selatan, khususnya dari lembaga pendidikan.

Dalam rangkaian kegiatan itu juga dilaksanakan orasi ilmiah yang disampaikan oleh Prof. Dr. Syaripudin Basyar, M.A. mantan Ketua STAIN Metro Lampung yang dulu pernah mengajar di Pondok Pesantren al-Ittifaqiah (PPI) Indralaya.

Hingga tahun akademik 2015-2016 jumlah alumni di institusi yang dinahkodai oleh Mukhyidin, M.A. ini telah mencapai 657orang. Alumni yang memiliki kualifikasi kompetensi akademis diberi beasiswa untuk melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi sebagai kader tenaga dosen. Bagi mahasiswa yang berprestasi diberikan beasiswa mulai dari satu semester hingga delapan semester.

Di usia ke-16 ini STITQI telah memiliki 2 program studi yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Prodi Pendidikan Guru Roudlotul Athfal (PGRA) yang beroperasi sesuai SK Direktur Pendidikan Islam No. 3656 Tahun 2014.

Prodi PAI terakreditasi B sesuai SK BAN-PT Nomor 483/SK/Akred/S/XII/2014 pertanggal 29 Desember 2014 dan Prodi PGRA berakreditasi C dari BAN-PT berdasar SK bernomor 581/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2015.

STITQI yang bercirikhas al Qur’an merupakan lembaga kedua dengan ciri yang sama di luar Jawa setelah Sumatera Barat dan kelima di Indonesia. STITQI didirikan sebagai wadah pembinaan masyarakat dalam mendalami ilmu pendidikan dan ilmu al-Qur’an yang meliputi ilmu tafsir, qiroat, tajwid, seni baca al-Qur’an, tahfizh al- Qur’an dan berbagai kajian al-Qur’an yang berhubungan dengan beragam disiplin ilmu dan masalah aktual. Jumlah mahasiswa yang menjalankan studinya hingga saat ini sebanyak 492 orang.

%d blogger menyukai ini: