VISI, MISI AL-ITTIFAQIAH

A. Dasar

Al-Quran dan Hadits

B. Akidah

Ahlussunnah wal jamaah

C. Tujuan

1. Tujuan Umum

Mencetak kader ulama intelaktual dan intelaktual ulama yang bertanggung jawab bagi dakwah/syiar Islam, pembangunan bangsa, negara dan semesta serta penyejahteraan umat lahir batin dunia akhirat.

  2. Tujuan Khusus

Menyiapkan santri menjadi insan kamil yang beriman dan bertakwa kokoh, berakhlak karimah, berilmu pengetahuan dan berwawasan luas, berketerampilan tinggi dan berjiwa mandiri yang siap menjadi pembimbing dan pimpinan umat serta penebar rahmat.

D. Visi

Mewujudkan PPI sebagai pusat pendidikan Islam yang unggul, pusat dakwah Islam yang unggul, pusat pengembangan masyarakat yang unggul dan pusat penebaran rahmat yang unggul.

E. Misi

RAHMATAN LIL ’ALAMIN.

Menebar rahmat untuk semesta, dengan 5 pendekatan :

1. Menjadikan PPI sebagai pusat penyelenggaraan pembinaan al Qur’an dan al Sunnah untuk menghidupkan ruh dan nilai al Qur’an dan al Sunnah di tengah-tengah kehidupan umat dan semesta menuju hasanah fiddunia dan hasanah filakhirah.

2. Menjadikan PPI sebagai pusat penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran Islam (taffaquh fiddin) untuk membentuk insan kamil yang beriman dan bertakwah kokoh, berakhlak karimah, berilmu pengetahuan dan berwawasan luas, berketeramapilan tinggi dan berjiwa mandiri yang siap menjadi pembimbing dan pemimpin umat serta penebar rahmat untuk dirinya, daerahnya, bangsanya, negaranya dan semesta.

3. Menjadikan PPI sebagai pusat penyelenggaraan Dakwah Islamiah untuk membentuk khairu ummah dalam rangka menegakkan amar makruf nahi munkar, menghalalkan yang baik, mengharamkan yang buruk, melepaskan dan memberdayakan umat dari beban dan belenggu kebodohan, kemiskinan, ketertindasan dan keterbelakangan, mengawal akidah dan moral umat dan menjadi benteng pertahanan Islam dan umat.

4. Menjadikan PPI sebagai Pusat Pembaruan, Perubahan, Pemberdayaan, Pengembangan dan Pembangunan Masyarakat dalam rangka terwujudnya ketahanan nasional dan terciptanya bangsa negara madani.

5. Menjadikan PPI sebagai Pusat Perjuangan Kemanusian Universal, Kerukunan & Perdamaian Dunia, dan turut serta dalam Pengembangan IPTEK & Budaya Semesta.

 

F. Orientasi

1. Keislaman, Kebangsaan dan Kesemestaan.

2. Keberpihakan kepada kaum tertindas.

 

G. Prinsip

Independensi, Pembaharuan dan Keterbukaan.

H. Obsesi

1. Menjadi kiblat pendidikan Islam nasional dan internasional.

2. Menjadi kekuatan yang amat berpengaruh bagi terwujudnya masyarakat, negara dan semesta yang madani.

3. Tumbuhnya beribu pondok alumni.

4. Melahirkan pemimpin masa kini dan masa depan yang memainkan fungsi maksimal sebagai khalifah Fi al Ard.

5. Membebaskan seluruh santri dari berbagai pungutan dana dan memberi fasilitas buku-buku dan uang saku.

6. Menjadi kekuatan yang berpengaruh bagi terwujudnya kerukunan umat manusia, perdamaian dunia, kemajuan iptek dan budaya dan keselamatan manusia secara universal.

 

I. Strategi

Untuk mencapai dan mewujudkan tujuan, visi, misi, orientasi dan obsesi PPI, disusunlah strategi yang sekaligus merupakan Garis Besar Program PPI, sebagai berikut :

1. Perwujudan SDM yang bermutu dan unggul.

2. Pengelolaan organisasi, administrasi dan manajemen yang modern.

3. Pelaksanaan pendidikan dan pengajaran yang unggul dan pengembangan program pendidikan.

4. Pelaksanaan Dakwah Islamiah yang luas.

5. Penggalian sumber dana yang banyak dan besar.

6. Peningkatan kesejahteraan keluarga besar PPI.

7. Pengembangan kampus dan penambahan bangunan fisik.

8. Perkaderan yang berkesinambungan.

9. Penguatan dan perluasan jaringan, komunikasi, informasi dan kerjasama baik dalam maupun luar negeri.

10. Peningkatan pelayanan, pemberdayaan dan pengabdian terhadap umat.

11. Pelaksanaan penelitian, dialog, kerja sama, pertukaran dan pengabdian untuk kemanusiaan yang universal, kerukunan & perdamaian dunia, pengembangan IPTEK & budaya semesta

 

J. Panca Jiwa Pondok

1. Kesederhanaan

2. Keikhlasan

3. Kemandirian

4. Ukhuwah Islamiah

5. Bebas Berpikir

No Responses

Tinggalkan Balasan