Al-Ittifaqiah Raih Juara Umum Qiroatul Kutub Ogan Ilir 2014

Indralaya, PPI Pusat; Kabar mengembirakan datang dari arena perhelatan Musabaqoh Qiroatul Kutub atau lomba membaca kitab kuning antar pesantren sekabupaten Ogan Ilir Sabtu (26/04) yang bertempat di Kantor Wilayah Kementerian Agama Ogan Ilir. Peserta dari pondok pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya berhasil meraih juara terbanyak dan secara otomatis menjadi juara umum MQK 2014 dan berhak ke tingkat provinsi maupun tingkat nasional.

Wakil Mudir I bidang Pendidikan dan Pengasuhan Ustad. Mukhyidin, M.A. menuturkan melalui handphonenya kalau hampir seluruh cabang yang dilombakan direbut oleh santri-santri PPI.

“Alhamdulillah setelah melalui persaingan yang sengit dengan beberapa pesantren se-Ogan Ilir, akhirnya PPI menyabet juara umum karena berhasil meraih banyak juara dari seluruh cabang. Mohon doa dan dukungannya semoga santri-santri kita sukses juga di tingkat provinsi dan nasional nanti”

Saat dikonfirmasi, ustad Zaenal Abidin, S.H., M.Ag menjelaskan MQK adalah ciri khas dari pesantren.

“Musabaqoh Qiroatul Kutub adalah ajang perlombaan kemampuan dalam membaca, memahami serta mengungkapkan kandungan kitab kuning secara komprehensif. Kitab kuning adalah kitab-kitab berbahasa arab yang disusun pada zaman pertengahan. Seiring dengan perkembangan zaman, penggunaan kitab kuning sebagai literatur utama mulai berkurang, sehingga banyak alumni pesantren yang kurang mampu mendalami ilmu-ilmu agama Islam dari sumber-sumber utamanya”.

“Alhamdulillah, PPI terus melestarikan tradisi lama pesantren dan hasilnya cukup memuaskan dengan banyaknya santri-santri kita yang menjadi juara”, tambah kepala madrasah aliah ini.

KLIK nama-nama pemenang MQK ke V tahun 2014

No Responses

Tinggalkan Balasan