Bupati Sambangi Peserta Jambore Dunia Asal Ogan Ilir

ittifaqiah.ac.id_Korea Selatan;Sebagai bentuk apresiasi dan dukungan terhadap Kontingen Pramuka Kabupaten Ogan Ilir yang mengikuti Jambore Kepanduan Dunia di Bumi perkemahan Sae Man Geum Jeollabuk Korea Selatan, Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar terbang ke Korea Selatan.

Diketahui pelaksanaan Jambore Pramuka Dunia itu berlangsung mulai tanggal 1 sampai dengan 12 Agustus 2023. Pembukaannya sendiri dilaksanakan tanggal 2 Agustus 2023.

Jambore Pramuka Dunia di Korea Selatan tersebut diikuti sekitar 43.000 Pramuka/Pandu dari sekitar 160 negara dan teritori di seluruh dunia dengan Tema ”Draw Your Dream”. Artinya “ Gambarlah Impianmu.

Tema ini mewakili ide-ide anak muda untuk dapat menciptakan peluang untuk mewujudkan impian Jambore mereka dalam lingkungan yang aman, inklusif, dan berkelanjutan.

Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar selaku Ketua Majlis Pembimbing Gerakan Pramuka Kabupaten Ogan Ilir didampingi Sekda H. Muhsin Abdullah, ST, MM, MT yang juga Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Ogan Ilir hari ini Jumat (4/8/2023) menyambangi dan memberikan semangat kepada para kontingen Pramuka Ogan Ilir di Lokasi Bumi perkemahan Sae Man Geum Jeollabuk Korea Selatan

Kepada peserta dari Kontingen Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar berpesan agar selama di lokasi bumi perkemahan para anggota Pramuka Ogan Ilir agar selalu menaga kesehatan dan stamina agar tetap sehat sehingga bisa mengikuti program Jambore ini sampai selesai ,

Ditambahkan Bupati Panca, peserta yang ikut jambore dunia dari Ogan iIlir ini memang betul-betul mereka yang sudah memenuhi kriteria dan sudah menjalani seleksi beberapa tahapan.

“Tidak ada pilih kasih atau intervensi dari pimpinan, dan pada saat rekrutmennya dilakukan secara terbuka diberi kesempatan setiap gugus depan / sekolah untuk mengikuti seleksi, dan inilah hasil yang terbaik”kata Panca

Bupati Panca juga memberikan apresiasi kepada peserta yang mengikuti jambore ini karena merupakan. praja muda terbaik Ogan Ilir apalagi mereka mampu berbahasa asing mulai bahasa Inggris. Arab bahkan ada yang bisa bahasa Jerman dan Korea.

“Ini asset luar biasa untuk Kabupaten Ogan Ilir,” imbuh Panca

Bupati Panca juga berharap kepada anggota pramuka yang lain yang belum bisa ikut agar dapat mempersiapkan diri dengan memenuhi kriteria-kriteria yang ditentukan sehingga dapat mengikuti jambore dunia dimasa mendatang.

“Tetaplah semangat, jangan patah arang kepada yang belum berhasil mengikuti seleksi untuk Jambore Pramuka Dunia di Korea Selatan, masih ada kesempatan tahun-tahun berikutnya,” ujar salah satu bupati termuda ini.

Kontingen Ogan Ilir

Kontingen Kwarcab. GP Kabupaten Ogan Ilir selama di Korea Selatan bergabung dengan Kontingen Kwarda Sumsel dan menyatu dengan kontingen Kwrnas mewakili Indonesia dalam Jambore Dunia tersebut.

Selama di Korea Selatan para Kontingen menggelar sejumlah penampilan seni budaya, pameran, dan bahkan membuka Indonesia Food House, kedai makan yang menyajikan berbagai makanan khas Indonesia.

Peserta Pramuka Ogan Ilir yang mengikuti Jambore dunia adalah

1. Ahmad Khairul Fanny dari SMPN 1 Indralaya Utara
2. M. Fastabiq Khair dari MTsN Sakatiga
3. Zia Fajar Lia Mahera dari SMPN 1 Indralaya
4. Adzkia Syfa Ainun Najah .dari MTs Pondok Pesantren Al Ittifaqiyah Indralaya

Turut juga mendampingi Bupati Panca Wijaya Akbar para pengurus Kwarcab Kabupaten Ogan Ilir diantaranya Wakil Ketua Bidang Pengembangan H. M. Taher Ritonga, Wakil Ketua Bidang Parasarana Ruslan, ST, MM , MT, Wakil Mabicab Ogan Ilir Solahudin, SE, MSi, Bendahara Kwarcab Sayadi, S. Sos, Kabag Umum Setda Ogan Ilir Sunarto dan Kabag Protokol Ahmad Alfarisy, SH, MM.***