BULAN UJIAN SANTRI TINGKAT AKHIR

ittifaqiah.ac.id_Indralaya; salah satu persyaratan untuk mendapatkan predikat lulus, santri tingkat akhir (XII) selepas Ujian Nasional wajib mengikuti kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) dan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di lingkungan pondok pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya.

“Semuanya (196 santri) telah kita distribusikan pada madrasah, lembaga, bagian dan biro di bawah naungan Ittifaqiah, kita bagi sesuai dengan tingkat kemampuan dan kebutuhan lembaga tersebut”, ungkap ustadzah Dr. Hj. Muyassaro, M.A. selaku kepala bidang pendidikan dan pengajaran.

Selain bersifat membantu, seluruh peserta wajib mensukseskan program-program lembaga tempat mereka praktek.

“Tujuannya semata-mata untuk memberikan pembekalan terakhir pada mereka, minimal mereka bisa belajar administrasi, leadership dan bagaimana bersinergi bersama-sama. Diujungnya nanti mereka akan dinilai secara langsung oleh kepala dimana mereka praktek”, tambahnya.

Di tempat terpisah, staf humas ustadzah. Mardalena, menuturkan kalau bulan-bulan ini adalah bulan ujian.

“Bulan April hingga Mei adalah waktu bagi santri kelas XII dan  IX menghadapi berbagai ujian seperti UAMBN, UAS, ujian praktek, ujian lisan dan ujian tertulis tingkat pondok lainnya ditambah lagi wajib PKL dan pembuatan beberapa makalah seperti bahasa Arab, Inggris dan Fiqih, kalau mereka tidak fokus, pasti menemui banyak kesulitan”.

No Responses

Tinggalkan Balasan