Ikhtitam, Santri Harus Siap Ikuti Semua Ujian Persiapan dan Ujian Akhir

ittifaqiah.ac.id_Ogan Ilir; Tak terasa kegiatan belajar mengajar pondok Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya sudah menginjak penghujung kalender pendidikan semester genap 2018-2019.

Pagi ini (16/5) baik di kampus putra maupun putri serentak menggelar upacara penutupan semester (Ikhtitam) sekaligus membuka secara resmi ujian akhir.

Bertindak sebagai pembina upacara di kampus D (putra) Mudir Drs. K.H. Mudrik Qori, MA sedangkan di kampus putri Wakil Mudir I H. Mukhyidin, MA.

Selain keseriusan, dalam sambutannya, Mudir mengharapkan kepada semua SDM dan Santri  untuk terus meningkatkan nilai-nilai mujahadah di Ittifaqiah. “kuliah iftittam adalah momentum menutup KBM secara formal di kelas namun sesungguhnya ujian itu sendiri adalah bagian dari belajar”, ujar ustad. Mudrik.

“Bertepatan dengan bulan Ramadhan nan berkah, tentu kita akan sangat merugi kalau dalam rangka mengikuti ujian akhir semester ini tidak dibarengi dengan niat beribadah kepada Allah swt. Jadikan Ramadhan adalah benar-benar bulan kemenangan, menang melawan hawa nafsu dan menang (sukses) di ujian akhir pembelajaran”.

Sebagaimana jadwal yang sudah disusun oleh bagian Pusat Penjamin Mutu (PPM) bahwa santri akan mengikuti ujian akhir, namun sebelum itu mereka harus lulus di Ujian Persiapan Pondok (UPP) seperti muhadatsah, conversation, muhadharah, naghom/ngaji irama, tahfidz, praktek ibadah, zikir dan doa. (18-23 Mei)

Ada tambahan khusus untuk kelas IX dan XII, santri wajib membuat makalah bahasa Arab, bahasa Inggris dan fiqih lalu akan diujikan depan 2 penguji yang profesional.

No Responses

Tinggalkan Balasan