ittifaqiah.ac.id_Palembang; Walaupun hanya berlangsung selama 2 hari (3-4 September 2016), Perhelatan Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Daerah Sumatera Selatan (Pospeda) ke-4 tahun 2016 di MAN 3 Palembang sempat mengukir sejarah yang membanggakan bagi peserta kontingen Kabupaten Ogan Ilir khususnya santri pondok pesantren Al-Ittifaqah Indralaya.

Asumsi ini terbukti dengan banyaknya raihan medali yang diusung oleh santri. Lagi-lagi santri PPI dapat mengharumkan nama ma’had, orang tua dan daerahnya masing-masing.

Contohnya di cabang lomba seni pidato 3 bahasa, Ittifaqiah berhasil memborong medali emas di pidato bahasa Inggris, satu emas dan perak di bahasa Arab dan satu emas lagi di pidato bahasa Indonesia.

Selain itu cabang pecak silat dan atletik juga turut menyumbangkan masing-masing 2 emas, 1 perak dan 2 perunggu dan masih banyak lagi cabang lainnya yang membuat Ogan Ilir berhasil menjadi juara umum II setelah kontingen Palembang.

Ketua kontingen ustad. Devison, S.Pd.I. menuturkan bahwa total atlet yang berasal dari Ittifaqiah berjumlah 41 atlet sesuai dengan cabang olahraga yang diikutkan pada Pospenas 2016.

“Kita sengaja hanya mengirimkan atlet dengan cabang yang dilombakan di Pospenas, kalau diperhatikan tidak sedikit kontingen lain yang mengirimkan atlet di cabang yang tidak dilombakan pada tingkat nasional, memang ada keuntungan sendiri jika ini dilakukan karena akan menambah poin untuk perhitungan juara umumnya”.

“Tapi kita tidak mau membuat harapan palsu pada anak-anak, jangan sampai mereka sudah berjuang habis-habisan dan keluar menjadi juara tetapi tidak ada kelanjutannya atau tidak dikirim ke nasional, lebih baik tidak usah kirim sama sekali apalagi Ogan Ilir juga tidak digelar Pospekab. Target kita nasional bukan provinsi”.

REKAPITULASI MEDALI SANTRI PPI

[table “5” not found /]

REKAPITULASI MEDALI PESANTREN SE-OGAN ILIR

 CIRI KHAS DAN KEUNGGULAN
1Berapa jumlah santri sekarang?
_____ 7.254 Santri
2Apa ciri khas dan program unggulan Ittifaqiah?
_____ Ciri khas Al-Quran dan program unggulannya adalah Tahfidz Al-Quran.
3Apa saja program Tahfidz Al-Quran?
_____ Terdapat Program umum 1 Juz setahun yang bersifat klasikal dan Tahfidz 30 juz dalam 1-2,5 tahun di kelas excellent.
4Apakah ada program tahfidz di luar jam formal?
_____ Iya ada, program yang dilaksanakan oleh Lembaga Tahfidz Tilawah dan Ilmu Al-Quran (Lemtatiqi), tahfidz 5 juz, 10, 20 dan 30 juz yang dari sisi waktu bersifat fleksibel.
5Apa santri boleh tidak menghafal Al-Quran?
_____ Iya Boleh.
6Apakah ada program lain untuk penguatan hapalan selain di jam formal?
_____ Iya ada, seperti program Mujahadah Ula, Tsaniah dan Kubro (untuk mutqin) serta banyak lagi program lainnya yang dibawahi oleh Lembaga Tahfidz Tilawah dan Ilmu Al-Quran Al-Ittifaqiah (Lemtatiqi).