MGMP Kemas Evaluasi dengan Kompetisi

Ittifaqiah.ac.id_Indralaya; Evaluasi adalah salah satu cara untuk melihat sejauh mana efektifitas kegiatan belajar mengajar suatu lembaga pendidikan.

Di Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya sendiri, selain melaksanakan ujian tertulis, praktek dan lisan. Evaluasi pembelajaran juga dikemas dengan hal-hal yang menarik sehingga paradigma monoton yang selama ini dialami peserta didik ketika dihadapkan dengan soal-soal ujian tersamarkan oleh suasana yang menyenangkan.

Karena itulah, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) tingkat madrasah aliah menciptakan even yang begitu sarat tujuan.

Even yang dimaksud berupa Musabaqoh Tilawatil Kutub (MQK), Kompetisi Islamic Studies (KIS), Kompetisi Sains madrasah (KSM) dan Sosial Sains Competition (SSC) untuk semua santri kelas X, XI dan XII baik di kampus D maupun kampus A  yang digelar mulai tanggal 22 Oktober sampai 11 November 2019.

Ketua panitia ustad. H. Davik, Lc., M.Ed. menjelaskan kalau 4 kompetisi yang telah dilaksanakan diharapkan dapat menggambarkan progress KBM selama 3 bulan.

“Anggap saja ini seperti mid semester ala lapangan karena soal-soal yang diberikan berlandaskan kurikulum yang sedang berlangsung, walaupun tidak terhindar ada sekian persen soalnya kita ambil di level olimpiade ”, ungkap Davik.

“Semua santri wajib mengikuti kompetisi tersebut sesuai dengan jurusannya masing-masing mulai dari Kelas Excellent, Al-Quran, IPA, IPS, Al-Azhar dan Keagamaan”, tambah Davik.

Sebelum menyerahkan tropi juara, Wakil Mudir I Bidang Pendidikan dan Kepengasuhan ustad. H. Mukhyidin, M.A. mengucapkan banyak terima kasih kepada semua yang terlibat khususnya guru yang tergabung dalam MGMP.

“Kedepan kita tingkatkan lagi kompetisi ini dengan mengundang sekolah-sekolah luar bila perlu sampai pada tingkat provinsi. Sepintas memang seperti perlombaan biasa tetapi visi, misi dan tujuan dari agenda ini jelas sekali yaitu evaluasi KBM dan dibalik itu  supervisi kepala madrasah bisa ikut andil”, sambut ustad. Mukhyidin.

No Responses

Tinggalkan Balasan