PPI Diberi Jatah 5 Beasiswa ke Sudan

Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya di Kunjungi pejabat Kedutaan Sudan Dr. Muhamed Eltayeb Hussain, kamis (13/12).

Kunjungan yang berada di kampus A dan kampus D Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya, Pejabat Kedutaan Sudan ini merupakan dosen dari Afrika, Selain memberikan Tausiah, juga melakukan seminar yang dihadiri sekitar 500 mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Qur’an (STITQI) yang berjudul “Bahasa Arab Merupakan bahasa Pradaban”, jelas Ketua Stitqi Ustd. Mukhyidin MA.

“Syekh Muhammed Eltayeb Hussain ini merupakan orang kedutaan sudan yang tertarik dengan Ponpes Al-Ittifaqiah dan akan memberikan beasiswa kepada 5 santri untuk berkesempatan meneruskan studynya baik S1, S2, dan S3 di berbagai universitas yang ada di negara Sudan pada tahun 2019 nanti” jelas Ustad. Mukhyidin

Selain itu dikatakan Mukhyidin, memang selama beberapa tahun ini santri Al-Ittifaqiah sudah banyak kuliah di sudan, tetapi hal itu melalui kemenag, namun kehadiran Syekh Muhamed Eltayeb ini langsung memberikan kerjasama antara kedutaan Sudan dan Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya.

Tentunya ada beberapa syarat untuk bisa mendapatkan beasiswa ke sudan, seperti hafalan Al-Qur’an minimal 5 juz Pandai Bahasa Arab dengan baik dan mempunyai niat untuk belajar”, Kutipnya.

Sementara Dr. Muhammad Eltayeb Muhammad Hussain saat memberikan seminar didepan ratusan mahasiswa STITQI Indralaya menyampaikan diantaranya bahwa Bahasa Arab Merupakan bahasa peradaban, dan juga merupakan bahasa Al-Qur’an, bahasa Nabi Muhammad dan juga bahasa Syurga.

Untuk Menggali Esensi dari suatu ilmu pengetahuan dibutuhkan alat yang tepat. karena al-Qur’an dan Hadits menggunakan Bahasa Arab maka alat yang tepat untuk memahaminya adalah dengan bahasa Arab juga. Dalam Sejarah Peradaban Islam, bahasa Arab merupakan Unsur Penting yang tidak dapat diabaikan. Untuk itu, dalam tulisan ini akan dibahas peran bahasa Arab dalam Perkembangan Peradaban Islam.

No Responses

Tinggalkan Balasan