RIBUAN SANTRI IKUTI KULIAH IFTITAH 2014-2015

INDRALAYA, PPI PUSAT; Sehari setelah kedatangan santri baru tingkat aliah, pagi ini (14/7) ribuan santri mengikuti kuliah iftitah sebagai momentum dimulainya kegiatan belajar mengajar tahun ajaran 2014-2015 di halaman depan kampus pusat Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya (PPI) .

Sebelum membuka secara resmi, Mudir Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya Drs. K.H. Mudrik Qori, M.A. mengucapkan selamat datang kepada santri lama maupun baru.

“Ahlan wa sahlan Santri-santri baru tingkat tsanawiah dan aliah di ma’had Al-Ittifaqiah Indralaya. Juga tak lupa kami banggakan santri-santri lama bermental baja yang telah ikhlas datang kembali di pangkuan ibu kandungmu tercinta”.

Mantan ketua KPID Sumsel ini juga mengharapkan menumbuhkan nilai-nilai keikhlasan di hati santri baru.

“Ananda santri baru, disampingmu terdapat ratusan kakak kelas untuk itu jangan pernah merasa asing di PPI, jangan sedih ditengah-tengah saudara-saudaramu. Hal utama yang kami minta dari santri baru adalah ridho dan ikhlas bersekolah di PPI. Jika kalian ridho dan ikhlas maka tidak akan ada masalah di masa yang akan datang. Insyaallah kalian akan bisa bersaing ditengah-tengah masyarakat, insyaallah kalian dapat menjadi pemimpin umat dan negara”.

“Keluarga dan masyarakat di daerah kalian masing-masing telah tahu kalian sudah berjalan di medan jihad untuk itu jangan pantang mundur, jangan kecewakan mereka, jangan sekali-kali ada sedikit ucapan putus asa. Jadikanlah PPI sebagai rumah dan orang tua kalian, mari kita bermujahadah yang tentu saja hanya bisa dilalui oleh orang-orang yang ikhlas dan ridho”,

Terakhir, ustad yang ahli tilawah ini meminta kepada santri yang lama untuk membimbing adik-adiknya dengan suri tauladan.

“Untuk santri kelas 2 dan 3, saya sangat mengharapkan dapat memberikan contoh, suri tauladan yang baik kepada adik-adikmu yang baru. Jangan menyerah membimbing mereka, ajarilah mereka sunah-sunah pondok dan segala halnya sehingga mereka dapat menjadi seperti santri-santri yang berprestasi seperti kalian”.

Sementara itu, kepala bidang pendidikan dan pengajaran ustad. Zainal Abidin, S.H., M.Ag. menjelaskan bahwa kuliah iftitah adalah upacara pembukaan kegiatan belajar mengajar baik itu kurikuler maupun ekstrakurikuler di PPI dan biasanya akan dilanjutkan dengan berbagai pengumuman serta rapat koordinasi antar madrasah.

“Hari ini kita awali kalender pendidikan baru dengan kuliah iftitah yang digelar di kampus A, B, C dan D, sengaja kita undang semua guru dan pengurus madrasah karena setelah kuliah iftitah akan dilanjutkan dengan rapat koordinasi antara guru dan pengurus madrasah. Santri lama hari ini mulai belajar seperti biasa dan untuk santri baru akan mengikuti program masa ta’aruf yang malam nanti akan dibuka juga oleh mudir”, jelas kepala madrasah aliah diruang kerjanya.

No Responses

Tinggalkan Balasan