
Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah di Indralaya Ilir, Ogan Ilir, Sumatera Selatan, yang didirikan oleh KH. Ahmad Qori Nuri, pada 10 Juli 1967, kini dipimpin oleh KH. Mudrik Qori, Indra, MA., telah berkembang menjadi model Global Islamic Boarding School yang mengintegrasikan pendidikan Islam tradisional Nusantara dengan standar internasional. Tulisan ini mengkaji transformasi pesantren dari lembaga pendidikan lokal menuju institusi pendidikan global yang mampu bersaing ditingkat global. Melalui pendekatan multidisipliner dan pengembangan kurikulum dan bahasa bertaraf global, pesantren ini telah berhasil menciptakan format pendidikan Islam yang tetap berpijak pada al-Qur’an dan khazanah keilmuan Islam Nusantara, namun memiliki visi dan kapasitas global.
Dalam era globalisasi pendidikan, Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya Ilir, Ogan Ilir, muncul sebagai prototype Global Islamic Boarding School yang berhasil memadukan kekayaan tradisi Islam Nusantara dengan standar pendidikan internasional. Pesantren ini tidak hanya mempertahankan identitas keislaman khas Nusantara, tetapi juga mengembangkan kapasitas global dalam sistem pendidikannya. Transformasi ini menjawab tantangan pendidikan Islam kontemporer yang menghadapi dilema antara menjaga tradisi _Turats_ dan merespons tuntutan global.

Sejarah dan Transformasi Menuju Global Islamic Boarding School.
- Akar Tradisi dan Visi Global
Berdiri pada tahun 1967-an, Al-Ittifaqiah, Indralaya Ilir, memulai perjalanannya sebagai pesantren tradisional dengan fokus pada pengajaran kitab kuning dan Tahfidz al-Qur’an. Namun, di bawah kepemimpinan generasi penerus, KH. Mudrik Qori Indra, MA., pesantren ini melakukan transformasi visioner dengan mengembangkan visi global tanpa meninggalkan akar tradisinya. Proses transformasi ini meliputi:
- Modernisasi sistem pendidikan
- Pengembangan fasilitas bertaraf internasional
- Pembangunan jaringan global
- Internasionalisasi kurikulum
- Fase Perkembangan Menuju Global Standard.
Proses transformasi menuju Global Islamic Boarding School melalui beberapa fase penting:– Fase tradisional. Fase modernisasi. Fase internasionalisasi dan Fase global leadership (pengembangan saat ini)
Model Pendidikan Global Islamic Boarding School
- Kurikulum Integratif Berstandar Global. Al-Ittifaqiah Indralaya Ilir, mengembangkan kurikulum yang mengintegrasikan tiga pilar utama:
- Pilar Tradisi Islam Nusantara: Penguatan kitab kuning, Tahfidz al-Qur’an dan khazanah keilmuan Islam klasik.
- Pilar Pendidikan Global: Penguasaan sains, teknologi, dan bahasa asing.
- Pilar Kemandirian: Pengembangan entrepreneurship dan life skills
- Sistem Pendidikan Multibahasa Pesantren menerapkan sistem pendidikan multilingual.
- Bahasa Arab untuk kajian kitab kuning dan komunikasi keagamaan
- Bahasa Inggris, bahasa Jepang, China, Korea, untuk sains dan komunikasi internasional.
- Bahasa Inggris dan Arab bahasa komunikasi sehari-hari.
- Bahasa Indonesia untuk nasionalisme dan komunikasi bagi santri baru.
- Program Internasional dan Pertukaran Pelajar.
Berbagai program internasional dikembangkan:
- Student exchange dengan pesantren dan Islamic school di berbagai negara
- International joint research program
- Summer course dan winter program internasional
- Beasiswa untuk siswa internasional
Fasilitas dan Infrastruktur Bertaraf Global
- Academic Facilities
- Perpustakaan digital dengan koleksi internasional
- Laboratorium sains dan teknologi modern.
- Laboratorium Bahasa.
- Ruang kelas berstandar internasional
- Fasilitas olahraga dan seni lengkap
- Boarding System Modern
- Asrama dengan sistem manajemen modern
- Fasilitas hidup sehat dan nyaman
- Program pembinaan karakter terintegrasi
- Layanan konseling dan pengembangan diri.
- Pusat Layanan Kesehatan: Klinik Pratama
Jaringan dan Kemitraan Global
- International Network
Pesantren membangun jaringan dengan:
- Universitas dan institusi pendidikan di Timur Tengah, Eropa, Australia dan Amerika.
- Islamic school di Asia Tenggara
- Organisasi Islam internasional
- Program Double Degree dan Credit Transfer.
- Pengembangan program akademik dengan:
- Sistem credit transfer dengan Sekolah luar negeri.
- Pengakuan kredit internasional
- Sertifikasi kompetensi global
Dampak dan Kontribusi
- Peningkatan Kualitas Lulusan; Lulusan Al-Ittifaqiah menunjukkan kompetensi global:
- Kemampuan berbahasa asing yang Par excellent
- Penguasaan sains dan teknologi
- Pemahaman Islam yang moderat dan toleran
- Kesiapan melanjutkan pendidikan di luar negeri
- Pengakuan Internasional
Pesantren mendapatkan berbagai pengakuan:
- Akreditasi internasional dari lembaga pendidikan global
- Penghargaan dalam berbagai kompetensi internasional
- Pengakuan sebagai model pesantren global
- Menjadi rujukan studi banding internasional
- Kontribusi bagi Pendidikan Islam Global
- Menjadi model integrasi tradisi dan modernitas
- Kontribusi dalam pengembangan pendidikan Islam dunia
- Produksi pengetahuan Islam berkualitas global
- Diplomasi budaya melalui pendidikan
Tantangan dan Strategi Ke Depan
- Tantangan Pengembangan
- – Maintenance kualitas pendidikan bertaraf global
- – Kompetisi dengan institusi pendidikan internasional
- – Ketersediaan sumber daya manusia berkualitas global
- – Funding dan sustainability program
- Strategi Penguatan
- – Pengembangan research and development center
- – International fundraising dan endowment fund
- – Digitalisasi sistem pendidikan
- – Penguatan alumni network global
Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya Ogan Ilir Sumatera Selatan, telah membuktikan bahwa pesantren Nusantara mampu bertransformasi menjadi Global Islamic Boarding School tanpa kehilangan identitas tradisionalnya. Melalui integrasi yang harmonis antara khazanah keilmuan Islam Nusantara dengan standar pendidikan global, pesantren ini tidak hanya berhasil menciptakan lulusan yang kompetitif di tingkat internasional tetapi juga berkontribusi dalam mempromosikan Islam wasathiyah ke dunia global. Model Al-Ittifaqiah layak menjadi referensi bagi pengembangan pesantren global di Nusantara. Semoga bermanfaat ]
[odie].
Ciputat, 29 Oktober 2025.
_Murodi al-Batawi_

 
							
						    	 
							
						    	 
							
						    	 
							
						    	