Juara Umum MTQ OI Tahun 2024 Diambil Indralaya Selatan

Ittifaqiah.ac.id_Ogan Ilir; Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Kabupaten Ogan Ilir (OI) tahun 2024 berakhir, ditutup Wabup H Ardani, SH, MH, Rabu 6 Maret 2024 di Gedung Utama Caram Seguguk KPT Tanjung Senai Indralaya.

Pada MTQ ini Kafilah Kecamatan Indralaya Selatan (Insel) keluar sebagai juara umum dengan mengantongi nilai 79, setelah meraih 10 medali emas, 8 perak dan 5 perunggu. Prestasi tersebut untuk pertama kali diraih Kecamatan Indralaya Selatan, sekaligus juga sebagai kado perpisahan untuk Hj Sa’adah, Camat Indralaya Selatan yang tahun 2024 ini memasuki masa purnabakti.

Indralaya Selatan mengungguli juara bertahan Kecamatan Indralaya. Kecamatan Indralaya yang selalu langganan juara umum, menempati posisi runner up (juara 2), dengan nilai 66. Indralaya juga meraih 10 medali emas, namun kalah untuk raihan medali perak dan perunggu, yang masing-masing hanya berjumlah 4 medali.

Sementara pada posisi ketiga (juara 3) ditempati Kecamatan Tanjung Batu dengan meraih 8 medali emas, 3 perak dan 2 perunggu, dengan nilai 51. Prestasi juara 3 ini merupakan raihan terbaik yang didapat kecamatan Tanjungbatu dalam 7 tahun terakhir ini.

Dibalik suksesnya kafilah Indralaya Selatan meraih juara umum, juga tidak terlepas dari peran KUA Indralaya Selatan, Ustadz H Agus Jaya, Lc, M.Hum yang berperan dalam mengatur dan menyiapkan para peserta /utusan.

Menurut Ketua Umum LPTQ OI, H Muhsin Abdullah, ST, MM, MT, kepada kafilah Indralaya Selatan sebagai juara umum, mendapat tropi bergilir Bupati Ogan Ilir dan tropi tetap. Sedangkan kepada peserta yang meraih medali (juara), mendapatkan tropi tetap, piagam penghargaan, dan uang pembinaan. Untuk uang pembinaan kepada juara 1 sebesar Rp 6 juta, juara 2 Rp 4 juta, dan juara 3 sebesar Rp 3 juta.

Wabup OI, H Ardani, SH, MH mengucapkan terimakasih kepada Pengurus LPTQ OI bersama Bagian Kesra dan OPD terkait lainnya, yang telah menyelenggarakan MTQ ini dengan sukses. Sehingga MTQ dapat berjalan lancar dan selesai tepat waktu.

Sementara kepada para peserta, Wabup minta untuk tidak berpuas diri, tapi harus terus meningkatkan kemampuan, sehingga tidak hanya juara di tingkat lokal, tapi bisa juara di level provinsi, bahkan di tingkat nasional dan internasional, harap Wabup.

Ditambahkannya dalam waktu dekat pada awal Mei 2024, Ogan Ilir akan mengikuti MTQ Tingkat Provinsi Sumsel di Sekayu Muba. “Sesuai dengan tekad kita semua, maka OI harus mempertahankan prestasi juara umum yang dicapai pada MTQ provinsi tahun 2022 lalu. Karena itu teruslah berlatih dan terus meningkatkan kemampuan,” harap Wabup.

Menurut Kabag Kesra Pemkab OI, Ahmad Albatani, SHI, M.Si, pada gelaran MTQ OI yang dibuka Bupati Panca Wijaya Akbar, 29 Februari hingga ditutup Wabup H Ardani tanggal 6 Maret 2024, ada 8 cabang yang dilombakan yakni Tilawah Alquran, Qiraat Alquran, Hifzil Quran, Tafsir Quran, Fahmil Quran, Syarhil Quran, Khottil Quran, dan Karya Tulis Ilmiah Alquran (KTIQ), dengan seluruh golongan yang dilombakan di tingkat provinsi nantinya. (ica)

Sumber; lptqsumsel.org