Pelantikan Mudir Ponpes Al-Hanan Al-Ittifaqiah Ulu Danau

ittifaqiah.ac.id_Ulu Danau OKU Selatan; Mudir Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya Drs. KH. Mudrik Qori, MA hari ini (9/3) menghadiri Pelantikan Mudir Pondok Pesantren Al-Hanan Al-Ittifaqiah Ulu Danau OKU Selatan.

Pada kesempatan ini dilakukan pula penandatangan kerjasama antara Pesantren Al-Hanan Ulu Danau dengan Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya. Kerjasama ini meliputi penguatan manajemen/pengelolaan pendidikan dan pengasuhan pesantren.

Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya mengutus Ust. Ferry Martedi ZA, SS sebagai perwakilan representatif untuk menjadi Mudir Pondok Pesantren Al-Hanan Al-Ittifaqiah Ulu Danau. Ditambah ust. Davit Ajid dan ust. Sabik yang ditugaskan menjadi pengurus dan tenaga pendidik.

Ketua Yayasan Al-Hanan Mustafa Lukman, SP berharap dilantiknya Mudir yang baru dapat memperbesar energi bagi kemajuan Pondok Pesantren Al-Hanan Ulu Danau.

“Dukungan dari Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya ini menerbitkan harapan baru, semangat baru, dan energi baru bagi Pesantren Al-Hanan untuk bangkit dan semakin berkembang,” ungkpanya.

KH. Mudrik Qori dalam sambutannya menyatakan bahwa selain atas permintaan dari pengurus Yayasan Al-Hanan, tetapi secara pribadi KH. Mudrik memiliki hubungan historis dengan Pondok Pesantren Al-Hanan.

KH. Mudrik adalah orang yang meyakinkan H. Ali Marwan Hanan pendiri Pesantren Al-Hanan yang saat itu menjabat Menteri Koperasi dan UKM untuk mendirikan pesantren di tanah kelahirannya di Desa Ulu Danau.

“Mumpung tanda tangan Kak Ali masih tajam untuk membuat sekolah di Ulu Danau,” ungkapnya.

H. Ali Marwan pun setuju dengan usulan tersebut dan meminta KH. Mudrik Qori yang saat itu menjadi Ketua Umum Forum Pondok Pesantren Se-Sumatera Selatan untuk menyusun konsep pendidikan dan siteplan pembangunan pesantren.

“Konsep pendidikan yang disusun dan diajukan adalah SMP Plus dan SMA Plus. Jadi sebelum dikenal SD IT, SMP IT dan SMA IT, insyaallah, untuk Sumsel atau mungkin Indonesia, Pesantren Al-Hanan yang pertama membuka sekolah Islam Terpadu,” jelas KH. Mudrik.

Bertempat di Aula Pesantren Al-Hanan turut hadir KH. Najib Hanan Pembina Pesantren Al-Hanan bersama istri. Dari Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya hadir Sekretaris YALQI Eko Arisandi, Asisten Mudir Ahmad Main Mudrik, Kepala P3SP Hj. Sri Indrayana, Kepala Infokomtasul Noprianto, dan keluarga ust Ferry Martedi.

Tampak hadir pula Ketua MUI Ulu Danau, Kades Ulu Danau, Kades Sindang Danau, tokoh masyakat, para guru, dan wali santri Pesantren Al-Hanan.