Mudir Ittifaqiah Pimpin 104 Dewan Hakim MTQ Sumsel

Sebanyak 104 orang Dewan Hakim Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi Sumsel 2022, dilantik oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru, di Griya Agung, Minggu malam (22/5/2022).

Saat ramah tamah dan pelantikan dewan hakim MTQ ke XXIX, Gubernur Herman Deru mengatakan akan mengawasi langsung dewan juri dan dewan penilai pada ajang MTQ XXIX di Sumsel. Hal ini menurut Herman Deru, agar pelaksanaan lomba berjalan dengan baik dan lancar,

Herman Deru juga meminta penilaian yang dilakukan kepada peserta lebih transparan. Menurutnya, sistem penilaian dengan digitalisasi yang diterapkan pelaksana kegiatan akan jadi upaya untuk mendapatkan pemenang yang terbaik.

“Kita berupaya seadil-adilnya, dengan transparansi. Penilaian lewat digital adalah terobosan, agar niat baik dewan hakim bisa terjaga,” jelasnya.

Duharapkan dengan kegiatan ini muncul bibit MTQ yang berprestasi agar dapat membawa nama Sumsel lebih baik lagi hingga ditingkat nasional.

“Harapan saya tentunya dengan adanya kegiatan ini dapat tercipta bibit berprestasi yang mengharumkan nama Sumsel,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Sumsel, Mudrik Qori menjelaskan, Dewan Hakim yang dlantik sebanyak 104 orang. Masing-masing hakim pengawas 10 orang, hakim penilai yang berasal dari nasional yang berpengaruh sebanyak 12 orang dan dari LPTQ Sumsel dan daerah 62 orang sertan panitera 20 orang.

Dijadualkan pembukaan MTQ XXIX Sumsel berlangsung di Griya Agung Senin (23/5/2022). Sedangkan Lomba digelar pada 24 hingga 29 Mei dan akan ditutup pada Senin 30 Mei mendatang.

MTQ diikuti 681 peserta dari 17 kabupaten/kotadi Sumsel, dengan 8 cabang lomba, yakni cabang tilawah Alquran, tahfidz, tafsir, fahmil, syahril, khat, menulis makalah dan kaligrafi. Penilaian lomba akan dilakukan secara live score dengan sistem digitalisasi.

Sumber: https://rri.co.id/palembang/daerah/1464269/gubernur-lantik-104-dewan-hakim-mtq-prov-sumsel-xxix?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign