Ittifaqiah Bangun Masjid Terunik di Dunia

INDRALAYA – Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya (PPI) Kabupaten Ogan Ilir (OI) bakal memiliki masjid terunik didunia, karena kubahnya bukan yang terlihat secara umum selama ini, tapi   kubahnya  berbentuk Al-Quran yang ditopang menggunakan Rekal Alqur’an.

Demikian diungkapkan Mudir PPI Drs KH Mudrik Qori MA pada acara peletakan batu pertama  Masjid   KH. Ahmad Qori Nuri Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya di kampus D Desa Tanjung Lubuk Kecamatan Indralaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir (OI), Jumat (2/10).

Masjid  dengan ukuran 33×44 meter ini lanjut ustad Mudrik Qori, selain unik juga  dilengkapi dua menara  yang tingginya 40 meter dan 37 meter,” Masjid dengan dua menara belum ada di Sumsel, dan ornament Masjid perpaduan Persia  dengan India,”katanya.

Untuk mewujudkan “Mimpi” tersebut,  perlu dana sebesar Ro 15 Miliar, ”Kita bangun masjid ini dengan secara swadaya murni, dengan melibatkan wali santri, alumni, masyarakat umum dan tentunya para donator”, katanya.

Dilanjut, masjid dengan dua lantai  yang akan diselesaikan selama 20 bulan ini, juga akan dilengkapi fasilitas umum seperti Aula dan perpustaaan serta halaman yang cukup luas,”Jadi aula bisa digunakan untuk acara seminar atau pesta pernikahan, nantinya lokasi masjid juga dilengkapi spot-spot lainya, sehingga menjadi wisata Al-Quran, bukan wisata reliqi, ”tukasnya seraya menambahkan nama Masjid KH Ahmad Qori Nuri yang diabadikan, karena beliau merupakan pendiri dan Mudir PPI yang pertama.

Sementara Aan Febriansyah ST yang merupakan arsitek dari Pembangunan Masjid tersebut, menargetkan pengerjaan bisa selesai selama 1 tahun 8 bulan, dengan kapasitas atau daya tampung sebanyak 2000 jemaah., ”Namun bila digabungkan dengan luas halaman Masjid bisa menampung sebanyak 5000 jamaah,” katanya.

Acara dihadiri Camat Indralaya Selatan Akmaluddin, Pimpinan STITQI KH  Mukhyidin, MA Ketua Panitia Pelaksana Pembangunan Masjid KH Joni Rusli, para dosen, ustad-ustadzah, dan ratuan santri. (Sid)

 

Sumber:

https://sumeks.co/ittifaqiah-bangun-masjid-terunik-di-dunia/