Al Ittifaqiah menggelar marhabah massal

Ittifaqiah.ac.id – Sedikitnya 18 bayi mengikuti Marhabah Massal yang digelar Pengurus Pondok Pesantren Al Ittifaqiah Indralaya  Kabupaten Ogan Ilir, Kamis malam (22/07).

Tradisi mencukur rambut bayi merupakan suatu perayaan bagi sebuah keluarga karena hadirnya sebuah pelita hati, permata baru. Perlu mengundang kerabat dekat, sahabat atau tetangga untuk ikut menyaksikan kebahagiaan yang dirasakan keluarga itu sekaligus memberikan nama yang bagus yang bermakna do’a, agar setiap orang yang memanggil namanya ikut mendo’akan sesuai nama si bayi. Biasanya acara itu dilakukan dalam acara tasmiyah atau aqiqah dalam agama islam. Acaranya dikemas dalam bentuk syukuran atau tasyakuran. Tak jarang sebuah keluarga mengundang grup rebana, marawis, habsi atau markabanan untuk melengkapiacara aqiqah itu.

Pada dasarnya tradisi potong rambut bayi yang baru lahir adalah salah satu sunnah rosul dimana rambut yang di potong nantinya akan ditimbang kemudian beratnya akan ditukarkan dengan emas dan di shodaqohkan kepada yang berhak menerimanya. sunnahnya acara potong rambut dibarengi dengan acara aqiqah,yaitu pemotongan hewan qurban, untuk laki laki 2 ekor kambing dan untuk perempuan 1 ekor kambing, serta pemberian nama kepada bayi yang baru lahir tersebut.

Dalam hal ini Al Ittifaqiah hampir setiap tahunnya menggelar syukuran ini atau biasa yang disebut marhabah, dan pesertanya banyak. Momentum acara marhabah massal ini digelar setelah acara haul dan dilaksanakannya pada malam harinya.

DAFTAR PESERTA MARHABAH MASSAL
Tahun 2021/ 1442/ 22 Juli, 12 Dzulhijjah
1. Anneliese Jennaira Harisbaya
Binti Muaddab Mirats
2. Mahreen Shafana Almahyra
Bin Dwi Tra Mahendra
3. Muhammad Arkhan Alghaisan Bin
Ferry Heryadi
4. Naurah Zehra Qonita Binti
Hidayatullah
5. Muhammad Salim Ramadhan Bin
Adi Candra
6. Dzul Jalali Wal Ikraam Zukna Bin
Irawan Zukna
7. Najwa Shanum  Bin Alhadi Arka
8.Khalisa Ramadhani  Bin Ali Sobri
9.Ahmad Zabir Abil Al Hasan Martin
Bin Rahadian Martin
10.Syahida Bilqis Hannaniyah Binti
Ahmad Dimas Revaldi
11.Aisyah Athifa Salsabila Binti
Jimi ismail
12.M. Taqy Tsaqib Bin Ari Alhadi
13.Ahmad Ayman Alfarizqy Bin Muhammad Iqbal
14.Nur Syahriah Alkarimah Binti Suhendri
15.Erum Kayyisah Hilya  Binti Apriyansyah
16. Muhammad Zhafran Asshauqi Bin
Purwanto
17. Aisyah Humairah Binti Aan Riawan
18.Muhammad Atthoriq al-Aziz Binti
Hasbi Sayuti