Capai Target: Sumsel 8 Besar MTQN 2022 Kalimantan Selatan

Ungkapan bahwa proses tidak akan mengkhianati hasil ternyata benar. Berkat kerja keras tak kenal lelah, akhirnya membuahkan hasil positif bagi kafilah Sumsel di ajang MTQ Nasional XXIX tahun 2022. Ditarget masuk 10 besar, ternyata kafilah Sumsel berhasil tembus 8 besar nasional.

Kepastian tersebut setelah Ketua Dewan Hakim MTQN XXIX Tahun 2022, Prof Dr KH Said Aqil Husein Al-Munawar mengumumkan hasil perlombaan saat upacara penutupan (closing ceremony) MTQN XXIX di Astaka Kiram Park Kabupaten Banjar, Kalsel, Selasa malam 18 Oktober 2022.

Setelah membacakan pemenang 1, 2, dan 3 tiap cabang dan golongan, Prof Said Aqil membacakan rangking perolehan nilai tiap-tiap provinsi peserta MTQN XXIX tersebut. Sebagai pengumpul nilai tertinggi/peraih medali terbanyak pada MTQN tahun 2022 ini adalah Provinsi Jawa Timur (Jatim) dengan nilai 87. Dengan demikian Jatim keluar sebagai Juara Umum MTQN XXIX tahun 2022. Dengan prestasi tersebut, Jatim merebut Piala Bergilir Presiden yang pada MTQN XXVIII tahun 2020 lalu dipegang oleh Sumatera Barat (Sumbar).

Sementara pada posisi kedua ditempati oleh Provinsi DKI Jakarta dengan meraih nilai 66. Berikutnya rangking 3 diraih tuan rumah Kalimantan Selatan dengan nilai 62. Kalsel juga merebut juara dari cabang paling bergengsi yakni tilawah dewasa putra dan putri. Untuk tilawah dewasa putra direbut oleh Muhammad Rizqon sedangkan tilawah dewasa putri diraih oleh Hj Roudah.
Lalu untuk rangking 4 adalah Jabar (nilai 43), rangking 5 diduduki Sumbar ( nilai 35), rangking 6 Sumut (nilai 22), rangking 7 direbut Kepri (nilai 20). Sedangkan untuk rangking 8 diduduki oleh dua provinsi yakni Sumatera Selatan (Sumsel) dan Nangroe Aceh Darussalam dengan nilai masing-masing 12. Lalu rangking 9 ditempati Provinsi Jambi (nilai 8), sementarabrangking 10 adalah Jawa Tengah (Jateng).

Untuk nilai Sumsel sebanyak 12 pon didapat dari cabang ;

1. Juara 1 Karya Tulis Ilmiah Alquran (KTIQ) putra atas nama Abqoriyyin Hisan nilai 5.

2. Juara 2 Fahmil Alquran putra atas nama M. Fadlul Amal, Ahmad Azka An-nabil, dan Ahmad Zain Ardilah dengan nilai 3.

3. Juara 2 Tahfiz 10 juz putra atas nama Kms Abdurrahman Huzaifi dengan nilai 3.

4. Juara 3 tilawah remaja putra atas nama Chorin Min Alfi Syahrin dengan nilai 1.

Keberhasilan kafilah Sumsel tembus rangking 8 besar nasional ini, melebihi target yang ditetapkan Gubernur/Wagub Sumsel yang hanya mematok 10 besar nasional.

Atas keberhasilan ini Ketua Harian LPTQ Sumsel, KH Mudrik Qori dari Banjarmasin mengucapkan terimakasih atas dukungan, suport dan doa dari Gubernur H Herman Deru, Wagub H Mawardi Yahya, Ketua DPRD Sumsel, Hj Anita Noeringhati dan Anggota Komisi V DPRD, Sekda SA Supriono, Kakanwil Kemenag Sumsel, Syafitri Irwan, Ketua Umum LPTQ H Edward Candra, Karo Kesra dan jajaran serta para sponsorship, donatur, dan para dermawan yang telah memberikan sumbangsih kepada kafilah MTQ Sumsel. Menurut Mudrik keberhasilan tersebut berkat kerja keras dan kerjasama kolektif dari banyak pihak, dan tentunya berkat doa dari para kiai dan seluruh masyarakat Sumsel.

Mudrik berharap keberhasilan ini akan menjadi pemacu dan motivasi bagi semua pihak terkait untuk menyiapkan para kafilah Sumsel ke depan, sehingga prestasi Sumsel semakin terus membaik pada MTQN di masa-masa mendatang.
MTQN XXIX ini ditutup oleh Wakil Menteri Agama RI.

Download Surat Keputusan Dewan Hakim